Yoga sebenarnya cuma pengen...

Ini pengalaman paling ga biasa selama hampir 3 tahun ini aku jadi guru les privat. yep, ada tawaran datang untuk ambil privat lagi. tapi yang sekarang bukannya anak SMP atawa SD tapi TK sodara-sodara! namanya Yoga yang secara belajar cepet nangkep banget. les awal kucoba untuk nerapin metode jamanku masih TK dulu. pakek buku kotak-kotak
"wah, kalo nulis di buku gini mah kecil, bu" tantangnya
"coba" jawabku
sreet-sreet, was wes was. usruk-usruk, ciiiiit.........
"selesai deh" katanya sambil nyusrut ingus
"Hwaa?!"
bener, Yoga emang cerdas. yang bikin miris justru malah kondisi mentalnya. kalo dipikir-pikir tingkah kayaknya dia kurang kasih sayang kedua orang tuanya. gimana ga, keduanya kerja dari pagi pulang maghrib. sampe rumah udah kepayahan dan seolah ga da waktu untuk sekedar ngecek gimana perkembangan anaknya di sekolah. yaah, minimal ngecek isi tasnya lah.
sebelum aku mulai mrivat dia, ibunya slalu bilang agar aku sabar menghadapi Yoga yang kata dokter hyper actif, pemarah dan gampang bosan. wuik! tantangan nih, batinku saat itu. bismillah.

kemarin akhirnya ku diskusi lagi dengan k3. saran k3 sebaiknya aku lepas aja si yoga daripada ntar aku kecapean, ga sabar dan stres (tau ga, beberapa hari belakangan k3 emang rada-rada over protektif gitu. mungkin dia kepikiran tentang programku untuk hamil.hehehe). tapi setelah berpikir panjang aku tetap dengan keputusan "membina" Yoga. itung-itung aku belajar repot kalo punya anak. oke, slama ini aku banyak menyerap teori tentang ciri dan cara menekuni sikap anak tapi tanpa prkatek lapangan, kan nihil juga. k3 setuju asal aku ga boleh ngeluh kalo yoga kumat nakalnya. masalahnya sekrang, gimana mengimbangi kecepatannya dalam mengeksplorasi dan menyerap setiap pelajaran yang didapat di sekolahnya. yoga perlu sebuah tata balajar baru, yang ga sama dengan sekolah, tetap menyenangkan dan ga berasa kalo dia sedang belajar. dia hobi banget main PS3 (aku aja ga ngerti permainan apa aja yang dimainkannya tiap kali aku tanya dia main game jenis apa?).
pertama-tama aku hunting ke toko buko anak. beberapa buku tentang metode cerdas imajenasi, motorik, otak kanan-kiri, cerdas fisik, seni dan bla-bla-bla aku baca di tempat. lamaaaa banget sampe k3 hampir marah karena aku ga jelas mau milih buku yang mana. selama ini kan k3 selalu tau buku apa aja yang jadi seleraku. nah ini?

akhirnya aku dapat beberapa buku yaitu :
1. buku sobek, warnai dan tempel (bagus untuk otak kanan, motorik dan seni. weleh??)
2. kartu 3 bahasa (arab, inggris, indonesia). slogannya bagus untuk daya ingat dan daya pikir
3. buku kosa kata dan susunan huruf dalam dua bahasa
4. buku cerdas matematika. judulnya mengajak anak belajar sambil bermain
5. aku malah beli novel.teteup.......................(yang ini k3 marah beneran karena jelas ga ada hubungannya dengan yoga)

that's right, aku mulai PD melatih Yoga. ibu-bapaknya manggut-manggut melihat aku ngoceh, ngomel dan becandaan dengan anaknya. memang sih, kalo aku dateng si Yoga langsung pasang muka BT (Butuh Tatih Tayang atau BeTE Bener TAuuuk), emaknya dipukul-pukul, bapknya di tendangin, adiknya dicubit-slah satu sikap anak kalo mo ngambil perhatian ortunya- tapi lama-kelamaan dia malah lupa dengan PSnya. dia malah minta nambah jam pelajaran bahasa inggris dan MTK pakek kartu cerdas segampang dia minta nambah nasi. aku kelabakan lagi. jujur nie, bukunya lumayan mahal. ortunya tersenyum puas banget karena anaknya nurut banget ma aku. ga nakal, ga bandel dan naga-naganya ibuny melapor kalo sekarang Yoga seneng banget kalo ortunya ditebakin pakek bahasa inggris tapi mereka ga ngerti jawabannya. berasa dapat segepok uang receh kali ya, rasa senengnya yoga bisa ngerjain bapak-emaknya??
ni contoh bahasa inggris yang jadi versinya:
muris-jawa (aku lupa banget apa bhs.indonesianya buah ini??help) : Sour sop
dia bilang : Yes ma'm SAYUR SOP
lalu buah naga : Dragon Fruit
di enteng bilang : Dragon ball film kesukaanku
jeruk: Orange
Dia bilang : oh, ORANYE?
Belimbing : Star Friut
Dia bilang :oke deh, SUIT SUIIIIT.....................
ortunya tergelak, aku gondok bukan mainan.
tapi ga apa karena satu kali dia pernah bisik-bisik ke aku
"psssssssssssst...spsssssssssstt..." ga kedengeran yah?
gini
"Bu, makasih ya udah mau nemenin Yoga main. soale mama saya ayah ga mungkin kan mau nemenin Yoga kayak gini?"
aku terkesiap. hampir aja air mataku jatuh kalo aku ga segera pamit dari rumahnya dan kembali esok harinya....

0 komentar:

Posting Komentar

monggo...